Ban Mobil Butuh Dirotasi, Ini Tipsnya

Merotasi Ban Mobil (Foto: hswstatic)

Ban mobil berperan cukup penting dalam performa sebuah mobil karena menjadi tumpuan pergerakan mobil. Mobil yang dipacu setiap hari, dalam berbagai keadaan jalan, dan kecepatan membuat ban mobil perlu terus diperhatikan kondisinya. 

Selain mengganti ban mobil, merotasi ban mobil juga dianjurkan. Ini beberapa tips untuk mengganti dan merotasi ban mobil:
  1. Rencanakan untuk merotasi ban mobil setidaknya setiap 6 bulan.
    Pengguna mobil kadang tidak memperhatikan perawatan ban sampai ban tersebut benar-benar bermasalah. Sebelum bermasalah, sebaiknya ban dirawat salah satunya dengan cara merotasi ban mobil. Rotasi ban mobil dianjurkan setiap 6 bulan sekali atau setiap menempuh 9.656 km.
  2. Mengerti tentang ban mobil yang seharusnya dipakai.
    Kita seharusnya memiliki pengetahuan tentang ban mobil dengan memeriksa informasi mengenai ban di buku manual kendaraan. Kita harus tahu jenis ban mobil apa yang bisa digunakan dan tekanan pompa udara yang direkomendasikan.
  3. Melakukan rotasi ban mobil dengan aman.
    Merotasi ban mobil memerlukan persiapan dan peralatan yang cukup sehingga dapat dilakukan dengan aman. Jika kita kekurangan peralatan untuk merotasi ban mobil maka jangan melakukannya sendirian, mintalah bantuan teknisi mobil yang memiliki peralatan lengkap.
  4. Memeriksa ban.
    Periksalah ban kendaraan, apakah ada bagian yang mulai menipis sedang bagian yang lain masih tampak baru. Jika ada bagian yang menipis maka rotasi diperlukan agar tekanan tidak hanya terfokus pada bagian yang menipis itu saja. Ban yang kempes atau bocor juga harus segera diganti.
  5. Mengetahui pola rotasi yang disarankan. (Lihat gambar di bawah)
    Sebuah pola rotasi ban mobil kadang tidak cocok untuk semua kendaraan. Ini dapat tergantung pada pola kerja ban mobil apakah front-rear atau all-wheel drive. Pola rotasi juga tergantung apakah kita memiliki ban serep full-size yang cocok dengan ban mobil utama.
  6.  Mengganti ban dengan aman.
    Sebelum melepaskan ban, kendaraan harus dalam keadaan terangkat dengan stabil. Pastikan mobil dalam keadaan aman dengan tumpuan yang kuat.
  7. Mengecek tekanan udara.
    Saat ban sudah dirotasi, ingat untuk menambahakn tekanan udara antara ban depan dan belakang jika diperlukan.
Pola Rotasi Ban (Foto: nhtsa)
Ban Mobil Butuh Dirotasi, Ini Tipsnya Ban Mobil Butuh Dirotasi, Ini Tipsnya Reviewed by Senja Nilasari on Juni 11, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar

Latest in Sports