Tarikan dan Konsumsi BBM Ayla 1.200cc Dinilai Lebih Baik dari Mobil Jenis ini. Apakah itu?

konsumsi bbm ayla 1.200cc
New Astra Daihatsu Ayla 1.2L R Deluxe (Orange) dengan desain mirip VW Golf GTi diyakini akan menjadi primadona baru konsumen LCGC

Jakarta, Hargadaihatsu.com - Daihatsu Ayla sekarang punya mesin berkapasitas 1.200cc, seharusnya punya tenaga lebih besar daripada model sebelumnya. Ayla kini menggendong mesin yang sama dengan mesin Sigra, oleh karena itu Ayla dipastikan lebih unggul di dalam akselerasi, top speed maupun kehematan konsumsi BBM.

Karena, meskipun punya kapasitas engine yang sama, Ayla mempunyai bobot lebih ringan, jadi Daihatsu sangat percaya diri bila LCGC 1.200cc ini  akan mempunyai kelebihan pada performa dan keiritan bahan bakar.

"Mobil ini sangat bagus perbandingan power to weight ratio-nya, bila diukur tenaganya juga sama seperti Daihatsu Sigra 1.200cc. Namun Sigra wheelbase-nya lebih panjang karena diciptakan untuk tujuh orang," ungkap Pradipto Sugondo, ‎R&D Division head PT ADM di sela-sela peluncuran New Ayla (7/4) dikutip dari otodriver.

Sugondo juga optimis Ayla punya keunggulan dibandingkan Brio Satya yang menggunakan transmisi CVT. "Transmisi otomatik yang konvensional dari Ayla 1.200cc ini lebih andal untuk dikendarai,  juga termasuk untuk orang yang masih awam dengan mobil matic," terangnya.

Baca: Siap Kuasai Pasar LCGC Jatim, New Ayla Dibanderol Rp97 Jutaan Termasuk Free Service
Kini, untuk mengimbangi performa baru tersebut, pada Daihatsu New Ayla disematkan dual-stabilizer di bagian depan dan suspensi belakang. "Itu supaya membuat mobil menjadi lebih stabil ketika menikung, karena sekarang tenaganya lebih besar," papar Sugondo.

Daihatsu Ayla yang memakai mesin dengan kode 3NR-VE ini mempunya tenaga sebesar 88 PS pada 6.000rpm. Engine yang diproduksi di pabrik Karawang itu bisa memuntahkan torsi sebesar 108 Nm pada 4.200rpm. Spesifikasi ini sama dengan Daihatsu Sigra 1.200cc.

Meskipun belum ada klaim data test akselerasi dari pihak Daihatsu, namun dengan mempunyai bobot kosong seberat 880 kg, LCGC lima seater ini seharusnya mempunyai tarikan lebih cepat dibandingkan Sigra. Daihatsu Sigra dengan tujuh penumpang tersebut mempunyai bobot kosong 990 kg.

Pada tes akselerasi Daihatsu Sigra 1.200cc otomatik, LCGC 7 seater itu mencatatkan hasil akselerasi pada kecepatan 0 sampai 100 km/h dalam hitungan 14,6 detik. Bila ada selisih bobot 110kg atau kurang-lebih 11 persen lebih ringan, maka pada tes akselerasi untuk Ayla 1.2 otomatik bisa dituntaskan pada angka 13 detikan. Bahkan versi manual memungkinkan start yang sempurna, diperkirakan tembus 12 detikan.

Konsumsi BBM Ayla 1.200 cc


Tentang kehematan konsumsi BBM sendiri, Sigra transmisi otomatik bisa menghasilkan angka 13,7 km per liter pada rute perkotaan dengan average speed 22 km/h. Asumsi kami Daihatsu  Ayla 1.2 otomatik sanggup mencatatkan 14 km per liter pada tes kepadatan kota.

Sebagai informasi rival utama Daihatsu Ayla,yaitu Brio Satya 1.2 juga mempunyai hasil test yang impresif. Brio mencatatkan konsumsi BBM di dalam kota 14,9 km per liter dan akselerasi pada kecepatan 0 sampai 100 km/h selesai dalam hitungan 12,9 detik.

Apakah test tarikan dan konsumsi BBM Ayla 1.200cc bisa mengalahkan Brio Satya? Kita lihat saja nanti.
Tarikan dan Konsumsi BBM Ayla 1.200cc Dinilai Lebih Baik dari Mobil Jenis ini. Apakah itu? Tarikan dan Konsumsi BBM Ayla 1.200cc Dinilai Lebih Baik dari Mobil Jenis ini. Apakah itu? Reviewed by Handi Cahyono on April 15, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Latest in Sports